Thursday 17 December 2009

Beton Ringan Aerasi

Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bata Hebel, padahal ini adalah nama salah satu produsennya. Beton Ringan Aerasi mulai banyak digunakan karena beragam keunggulan, seperti:
1. Lebih ringan daripada bata merah dan batako, meskipun ringan namun kekuatannya sangat baik.
2. Bobotnya yang ringan sehingga cocok diletakkan pada dinding lantai atas tanpa menambah kekuatan pondasi (menghemat struktur).
3. Pemakaian material ini dapat menghemat pemakaian semen karena plesterannya tidak perlu tebal-tebal, disarankan untuk menggunakan semen instan.
4. Pengerjaan dinding dengan beton ringan aerasi lebih cepat karena dimensinya lebih besar daripada bata/batako dan plesteran tipis.
5. Lebih unggul dalam insulasi suara dan panas.

Beton ringan aerasi yang dijual per pcs sekitar Rp 5.000 ini lebih mahal dibandingkan dengan bata/batako. Umumnya tukang masih belum familiar dengan jenis material ini sehingga diperlakukan sama seperti bata/batako. Padahal, dengan pemasangan yang tepat, material ini bisa menghemat jumlah semen. Selain berupa blok dinding pengganti bata dan batako, Beton Ringan Aerasi juga memiliki produk lainnya, seperti pelat lantai, penutup atap, balok, anak tangga, dan panel dinding dalam berbagai variasi ukuran. Beberapa merek Beton Ringan Aerasi antara lain Hebel dan Celcon.

No comments:

Post a Comment

Cat Dinding Anti nyamuk