Tuesday 20 October 2015

Perontok Cat Melamik


Bagi penggemar material kayu untuk bangunan atau interior tentu tidak asing lagi dengan jenis-jenis pelapis atau finishing kayu. Yang paling sering dipakai adalah melamik. Tapi bagaimana jika kita ingin melapis ulang atau mengganti finishing kayu melamik dengan finishing lain? Tentu saja kita perlu merontokkan dahulu pelapis yang lama supaya hasilnya bagus.

Gunakan cairan khusus untuk mengelupas cat kayu atau paint remover. Ada beberapa jenis paint remover. Kita perhatikan dulu keterangan pada kemasan, karena tidak semua paint remover dapat digunakan untuk mengelupas melamik. Melamik merupakan pelapis kayu yang cukup kuat dan sangat rapat menutup pori-pari kayu sehingga membersihkannya perlu usaha yang lebih. Anda perlu alat seperti kape dan sikat untuk mengangkat melamik kemudian diamplas.

Berhati-hatilah karena pada umumnya paint remover mengandung bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan. Ada beberapa jenis yang berbahan dasar air (water-based) tapi kurang kuat bila dibandingkan dengan solvent-based. Paint remover yang diklaim lebih aman dengan kemampuan merontokkan cat cukup kuat adalah yang berbahan dasar biokemikal. Bahan ini mengandung asam dari bahan alami yang berasal dari tanaman, seperti jeruk sitrus atau minyak kedelai.

Artikel terkait:
http://informasi-material.blogspot.co.id/2011/06/cairan-pengelupas-cat.html
http://informasi-material.blogspot.co.id/2015/10/kelupas-cat-dinding-lama-dengan-thinner.html

No comments:

Post a Comment

Cat Dinding Anti nyamuk